Tuesday, May 03, 2005

Cantik nggak?

Melihat Icha-Cintapucino merilis buku terbarunya, Beauty Case, gw jadi kepikiran isu-isu tentang kecantikan tuh selalu jadi bahasan dalam lingkungan gw..dimanapun gw berada. Dulu waktu masih kuliah, sering banget terdengar frase-frase seperti: Gw cantik nggak sih? Atau Senyum gw manis ngga sih? Yah..pokonya pertanyaan-pertanyaan yang bikin bingung deh ngejawabnya.

Jawaban standar gw biasanya: Setiap wanita itu memiliki kecantikannya sendiri-sendiri. Tapi emang dasar butuh pengakuan..sering banget gw merasa terpojok dan gak bisa ngeluarin jawaban standar gw. Contohnya nih:

Anita (bukan nama sebenarnya): Ket..sebenernya menurut lo gw tuh cantik ngga sih?
Katrin: ya cantiklah Nit..kan semua wanita tuh punya keunikannya sendiri.
Anita (sedikit mendesak): Kalo yang jawabannya bukan semua wanita memiliki kecantikannya sendiri, gw tetep cantik ga?
Katrin (mulai bingung): Yah..gini loh Nit..kulit lo kan bagus, mulus banget..itu jadi daya tarik lo.
Anita (lebih mendesak): Kalo misalnya kulit gw ini dicabut ket..gimana?
Katrin (bener-bener bingung): (dalam hati saja) bukannya serem yah kalo orang ga punya kulit?

Emang being pretty or not does really matter 2 us? Jawabannya iya banget! Yang susah adalah sering banget kita bikin border-border yang sempit tentang apa yang kita sebut cantik..ya ngga? Cantik pada umumnya adalah putih, langsing, berkaki panjang, berlambut lurus panjang tergerai. Pathetic huh?

To be honest gw juga pernah kebawa-bawa melakukan hal2 berbau cantik-isme itu tuh:

1. Putih
Waktu iklan di TV banyak nampilin iklan2 lotion pemutih badan..langsung buru2 nyoba dari mulai Citra, Vaseline, Nivea sampe merek2 antah berantah. Hasilnya: Nol! Gw tetep gelap tuh..

2. Langsing
Kalo ini sih dulu gw ga pernah ada masalah..tapi gw solider aja sama temen2 gw yang begitu bersemangat menguruskan badan. Dari mulai senam aerobic, jogging, food combining, main Hulahoop. Tp yang paling menggelikan yang temen2 gw pernah bikin adalah tidak makan sama sekali dan cuma minum air kelapa seukuran gelas aqua sebanyak 10 gelas / hari (dengan merek Up 2 u, yang mengandung filosofi terserah kamu kalau mau kurus minum ini, kalo ngga jangan harap bisa kurus..hi3). Untung gw gak ikut2an..karena yang ada mereka jadi pengen pipis terus..dan muak banget sama yang namanya air kelapa.

3. Rambut lurus
Nah kalo yang ini sampe dah agak tua juga gw masih setia nyoba..diawali waktu kecil mencoba hair straightening wella. Gagal..ga putus asa, nyoba di salon..siapa tau lebih canggih, hasilnya lulus sehari besoknya balik normal lagi. Pas kuliah aktif mencoba bermacam2 vitamin rambut dari mulai Loreal, Makarizo..dengan harapan bisa lebih lurus. Belakangan baru tau kalo vitamin rambut sama sekali ga ada hubungannya dengan meluruskan rambut. Yang terakhir nyoba rebonding murahan yang ternyata cuma bertahan 2 minggu dan berakhir dengan rambut kering dan pecah-pecah. Hu-uh

Sekarang gw dah ga keukeuh lagi nyoba-nyoba kaya gituan. I count my blessing for everything I have. Malah akhirnya gw keriting rambut gw..untuk nunjukkin ga perlu lurus untuk jadi cantik..rajin pake scrub biar kulit gw sehat dan ngga kering, so kulit gw boleh gelap tapi mulus dan eksotik..uh-huy.

Satu lagi gw agak gendut nih sekarang..kalo yang ini emang harus ditindak-lanjutin, bukan karena gw pengen dibilang cantik tapi karena gw merasakan banyak kerugian dengan bertambahnya bobot gw seperti: baju2 semakin sempit, berarti harus ada investasi tambahan untuk baju2 ; cepet ngantuk ; yang terakhir menghindari tatapan2 orang2 yang mengenal gw dikala gw kurus dan memandang gw speechless serta prihatin.

Last but not least..You are what you think girl!

I still feel pretty anyway.. /*langsung kabur..sebelum kalian melempari gw dengan benda2 yang tidak umum.

posted by ketket | 9:00 PM
12 Comments:
1:51 AM Anonymous Anonymous said...

Jadi inget si christina

...You are beautiful no matter what they say...

yang penting self image kita harus bagus dulu...jadi...

words can't bring us down

bener gak ket?!

  2:25 AM Blogger Wacky Serenade said...

hi...salam kenal :)
aku setuju :)
beauty is in the eyes of the beholder...jadi cantik tuh relatif, yang penting kan pede :D

  3:51 AM Blogger Carla Chanliau said...

WOW!!!! I can't believe you were posting the same stuff I did a while ago. :D And we're of the same thought! Senengnya ada teman sehati.

links ke topik yg sama itu:
Am I Beautiful?
Womens' Merit

  7:11 AM Anonymous Anonymous said...

Cantik tuh relatif, tapi realistis aja tetap aja ada standarnya ya kan.. Memang benar kalau cantik fisik tanpa didukung attitude dan otak gak ada apa2nya tapi kalau bisa dapat semuanya, why not.. walau memang tidak ada manusia yang sempurna.

Anyway, link aja Kat, karena dari sini kedepan aku nge-blog disana :)

  6:57 PM Blogger Nita Sellya said...

The first thing crossed my mind when I first saw you at the lobby *tsaahhh...bahasanya* adalah...ets, cakep nih cewek. Dan gue adalah tipe cewek yang dengan tulus dan ikhlas mengakui bahwa cewek lain itu cakep :)

  7:17 PM Blogger mamat ! said...

kali cantik itu relatif, tapi kalo jelek mah mutlak. he he he he

  8:23 PM Anonymous Anonymous said...

hai ket..
aku percaya bahwa kalo tiap pagi sebelum kamu ngapa-ngapain *sebelum mandi juga*, tataplah cermin *meski mata masih belekan* dan tersenyumlah.. di situlah saat kamu terlihat paling cantik... alami, tanpa make-up!

hehehe.. nice day.. thanks udah punya waktu buat mampir yah?

  6:42 AM Blogger tantri said...

ket
gua dah beli beauty case neh
tapi blum baca...
ntar gua laporan deh
:)

  9:56 PM Blogger -edi- said...

setuju sama topik..jelek itu mutlak..hahaha...

memang ga perlu cantik,kulit putih, langsing, kaki bagus, rambut lurus,badan wangi untuk nikmatin hidup. yang penting cara kita memandang kehidupan itu sendiri. gimana cara kita menikmati hidup.

tapi untuk alasan kesehatan,aku si setuju aja kalo ada orang2 yg bener2 usaha untuk mendapatkannya.diet air kelapa, akupunktur ato apapun juga.toh hasil yg didapat buat mereka juga.walaupun ujung2nya adalah penampilan, dengan berat badan yg ideal, tentu didapatkan kualitas hidup yg baik, resiko penyakit jantung koroner (dan penyakit2 kronis lainnya) menurun. (nulis apaan si ini :) )

  9:56 PM Blogger -edi- said...

This comment has been removed by a blog administrator.

  12:19 PM Anonymous Anonymous said...

ada 2 isu besar yang sering dicampur adukin sama produsen produk2 kecantikan... yaitu isu kesehatan sama isu image.

kalo bisa kelihatan sehat sekaligus cantik kenapa tidak? begitu kata mereka.

somehow i believe that the reason why women voluntarily / reluctantly go through painstaking process of self-grooming, -this includes putting on some make-up- ...... is all because of the existence of men.

without men, would women need to look good? who's there to see?

  10:45 PM Blogger Elita said...

ket,
yg nomor 2, gue banget tuh...
wakakakakakakak... penyangkalan diri terbesar sepanjang sejarah....
wakakakakakakak...

 

Post a Comment

<< Home

Who am I?
Katrin's Profile
Female, 26 yr, Jakarta

Archives
November 2004
December 2004
January 2005
February 2005
March 2005
April 2005
May 2005
June 2005
July 2005
August 2005
September 2005
October 2005
November 2005
December 2005
January 2006
February 2006
March 2006
April 2006
May 2006
June 2006
July 2006
August 2006
September 2006
October 2006
November 2006
January 2007
March 2007
July 2007
April 2008
May 2008
June 2008
July 2008
August 2008
September 2008
February 2009
December 2009
February 2011
April 2011
May 2011
August 2011
Photos
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from Ketket. Make your own badge here.

Other Stuffs
Who Links Here
JANGAN ASAL COPY PASTE..
Follow me on...
  • Facebook
  • Twitter
  • Side Blog


    Talk to Me!



    <1--end here -->