Friday, June 17, 2005

Naik Ojek




...Kecelakaan taun kemaren
sempet bikin gw fobia berat
sama mahluk yang namanya motor...
Agustus 2004
"Heh..ayo buruan! Gw dah ngantuk banget nih!" seru Nico, temen gw.
Sementara gw masih terkantuk-kantuk, buset nih orientasi bikin ngantuk amat. Males2an gw ngikutin Nico jalan ke parkiran motor kampus.
Ngantuk banget sumpah! Kalo gak dibilang wajib, gak bakalan deh gw ikutin nih orientasi. S2 kok masih ada orientasi aja sihh. Dengan masih ngantuk, gw naik ke boncengan motor Nico, dengan gaya duduk ala cewek alias nyamping, yang bikin gw gak comfort banget.

Malam itu jalan Salemba rame banget, macet dari Kramat sampe Carolus. Untung Nico ngerti banget gw, walaupun macet dia ngga nyelap-nyelip di antara mobil yang bisa bikin gw jantungan dan akhirnya nyusahin dia juga kalo gw dah mulai panik. Ternyata macetnya tambah parah di deket Carolus, banyak bis yang ngetem pula.
Huh..marka jalan pasti mengalami krisis percaya diri kalo ada di jalan Salemba, keberadaannya jarang banget digubris. Pelan2 Nico nyetir motornya deket bis yang lagi ngetem, gw menikmati sambil ngantuk2..pandangan mata gw terbatas pada badan bis besar yang cuma terpisah kira2 dua jengkal dari gw.

TUUUUUUT..suara klakson mobil di sebelah gw tiba-tiba bunyi kenceng banget, mengacaukan perenungan gw. Sebelum gw sempat menoleh, semuanya tiba-tiba gelap.


.. .. .. .. ..

Gw mungkin adalah salah seorang yang jarang banget kecelakaan (mobil, motor, sado, beca, dan kendaraan lainnya termasuk Kancil yang lagi ngetren belakangan ini). So kecelakaan taun kemaren sempet bikin gw fobia berat sama mahluk yang namanya motor. Sangkin fobianya, sampe2 naik mobil2 kecil pun gw agak stress. Mobil yang paling membuat gw merasa aman adalah bis gede (PPD atau patas AC kalo mau yang agak keren).

Setelah menahan diri selama sebulan gak naik motor (termasuk Ojek), akhirnya gw memutuskan untuk kembali naik motor. Gw belajar bahwa ketakutan itu harus dihadapi..bukan dihindari, alasan yang cukup mendukung juga adalah kantor gw di Sudirman yang notabene macet sekaleeee..so dengan naik ojek gw bisa menghemat banyak waktu.

Pertama kali naik motor lagi, gw berusaha sekuat tenaga nahan supaya gak panik berlebihan kalo si supir ojek mulai nyelip di antara mobil2. Mulai dari merem, narik nafas panjang sampe nyanyi2 kecil. Tapi gak berhasil! Akhirnya gw memutuskan untuk terang2an ke supir ojeknya: "Bang..bang gak usah buru2! Waktu saya masih banyak kok."
Si supir ojek cuma angguk2 kepala. Belakangan dia mulai lupa sama kata2 gw lagi, akhirnya gw ngomong lagi:
"Bang..bang..lewat pinggir jalan aja deh..gak usah di tengah2 jalan gini."
Si supir menurut dan nyetir motornya sepanjang pinggir jalan (pinggirnya bener2 deket trotoar loh!).

Lain kesempatan, belajar dari pengalaman terakhir, sebelum naik motor ojek dari awal gw udah wanti2: Bang tapi gak usah ngebut2..dan nyelip2 yah! Si supir cuma menatap aneh, dalam hati mungkin dia berpikir ngapain juga naik ojek neng?

Untungnya gw nemu tukang ojek yang begitu memahami kegelisahan jiwa gw..saban gw pulang kantor, gak tau kenapa selalu dia yang akhirnya bawa gw di motornya. Tarifnya pun jadi bersahabat banget, pernah satu waktu gw mau ngumpulin tugas ke kampus, gw tanya kalo bolak-balik bayar berapa, dia malah jawab terserah neng aja deh! *Smile*

Sampe satu waktu, gw keilangan tukang ojek favorit gw itu..di pangkalannya cuma ada tukang2 ojek lainnya. Pas ngeliat gw , para tukang ojek itu mulai sikut2an, sepertinya lagi bilang..Lo aja deh yang bawa neng satu itu. Salah satu tukang ojek itu akhirnya datengin gw dan nanya, Mau kemana neng?
Gw: Ehm..mau ke Ambassador bang.
Tukang Ojek: Ya udah, naik aja neng..mau lewat jalan depan atau belakang?
Gw: Lewat depan aja bang, lewat belakang jalannya kecil banget.
Si tukang ojek angguk2 kepala, tapi gw masih ragu2 naik..gw kan belom tau perilakunya si tukang ojek ini kalo di jalanan gimana?
Si tukang ojek akhirnya bilang (seperti mengerti kegelisahan gw): Neng, tenang aja..nyetirnya jangan buru2, jangan nyelip2 dan di pinggir2 jalan aja kan?

Hu-uh..ternyata para tukang ojek itu cerita-cerita yah..*Malu deh ceritanya*


posted by ketket | 3:40 AM
8 Comments:
2:11 AM Blogger Liana said...

Ha ha ha ... gue lagi ngebayangin elo panik ket. Kalo di sby, kayaknya belum perlu ojek deh ^-^

  7:22 AM Blogger -edi- said...

cerita ini kan mestinya tragis dan mengenaskan, tp bisa kamu bikin lucu ya..hehehe...
btw, tukan ojek juga punya hak untuk gosip kan?

  9:42 PM Anonymous ria said...

emang serem klo udah pernah ngalamin sesuatu gitu...daku juga takut gempa...gara2 pernah ngalamin gempa di lantai 12..hiiii....

btw...berkat gosip2 si abang" tukang ojek..jadi gak perlu ngulang order yang sama kan ket..hihihihi..

  7:54 AM Anonymous okke said...

waks. gue juga pernah kecelakaan motor. tapi bukan karena duduk nyamping, duduknya kayak cowok gitu, cuma kaki gue kelebaran. Dan gue lupa berat, yg boncengin gue itu hobby nyelip2.. pas dia nyelip diantara dua mobil... nyangkutlah kaki si gue ini.

selanjutnya... ya.. gitu deeeeh.. hihihih

  4:09 AM Blogger Didats Triadi said...

eh, eh... kerja di sudirman? weks... sama dunk! didats di s wijoyo...

didats mau tuh jadi tukang ojeknya... ;)
tapi bayarannya tinggi...

maklum, pan yang bawa didats gitu loh...
*jitak didats pake bakiak*

aw.... sakit..

:D

  9:30 PM Blogger Nita Sellya said...

try naek ojek sama abang ojek Tomang...mati duduk lo buahahahahahaha

  11:15 PM Blogger snydez said...

hehe. jadi bahan gosip-an tukang ojek :P

eh batman begins bagus koq. jangan terpengaruh sama review gue :P

  8:51 AM Anonymous saut said...

Ket .. ket .. jangan heran kalo tukang ojek pada cerita2 satu sama lainnya. Pernah denger tentang "biker's brotherhood" kan ? ^^

 

Post a Comment

<< Home

Who am I?
Katrin's Profile
Female, 26 yr, Jakarta

Archives
November 2004
December 2004
January 2005
February 2005
March 2005
April 2005
May 2005
June 2005
July 2005
August 2005
September 2005
October 2005
November 2005
December 2005
January 2006
February 2006
March 2006
April 2006
May 2006
June 2006
July 2006
August 2006
September 2006
October 2006
November 2006
January 2007
March 2007
July 2007
April 2008
May 2008
June 2008
July 2008
August 2008
September 2008
February 2009
December 2009
February 2011
April 2011
May 2011
August 2011
Photos
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from Ketket. Make your own badge here.

Other Stuffs
Who Links Here
JANGAN ASAL COPY PASTE..
Follow me on...
  • Facebook
  • Twitter
  • Side Blog


    Talk to Me!



    <1--end here -->