Wednesday, October 26, 2005

Tangan Kiri


Banyak orang-orang yang baru kenal gw (terutama teman-teman yang berhubungan dengan perkuliahan dan perkantoran), biasanya terkejut kalau lihat gw nulis. "Oh kamu nulis dengan tangan kiri ya?" atau "Baru tahu kamu ternyata kidal?" atau juga " Ya ampun, lo tuh kebot yah?" My goodness, kebot tuh sebenernya bahasa apa yah? *Smile*.

Kalau cuma bertanya aja, kemudian mengangguk-angguk maklum sih masih oke-oke aja. Sayangnya kadang2 ada respon tambahan seperti ini: "Anak saya juga dulu begitu (kidal maksudnya), tapi langsung saya paksa..jadi sekarang udah normal" atau yang lebih menyakitkan lagi "Memangnya di sekolahnya, nggak diajarin pakai tangan kanan ya?" atau malah menanyakan hal yang lebih personal seperti " Ehm..kamu kalau cebok (ups..forgive my words..gw nggak ketemu istilah lain soalnya) pakai tangan apa ya?"

Ada juga sih yang malah kasih compliment seperti: "Wah, biasanya kalau pakai tangan kiri, orangnya pinter loh!" atau "Nulis pakai tangan kiri aja bisa bagus begini, apalagi pakai tangan kanan yah?". Walaupun compliment ini tidak sepenuhnya benar, karena belum ada penelitian yang mengaitkan antara penggunaan tangan kiri dengan besarnya volume otak (at least, gw belum pernah dengar). Dan juga fakta bahwa gw nggak bisa nulis pakai tangan kanan, tentunya membuat compliment seperti "nulis pakai tangan kanan lebih bagus karena pakai tangan kiri aja udah bagus" menjadi kurang tepat..wong nggak bisa nulis pakai tangan kanan kok :D.

Well, gw memang kidal atau left-handed istilah dalam bahasa inggrisnya. Dari kecil, nyokap gw udah sadar, karena memang gw punya kecenderungan pakai tangan kiri: seperti ambil mainan, makan, dll. Untungnya semasa kecil gw secara rutin berkunjung ke pediatric, untuk mengontrol kesehatan (nggak ada hubungannya dengan left-handed). Pediatric gw itu menyarankan untuk tidak memaksa gw menulis dengan tangan kanan, karena tidak baik untuk perkembangan otak. Waktu kecil, nyokap gw cuma bilang seperti itu, mungkin maksudnya supaya gw lebih gampang ngerti.

Sekarang, gw baru tahu bahwa maksudnya adalah: sebagai left-handed, kerja otak gw (menurut studi empiris) didominasi oleh otak kanan, yang mengontrol sisi kiri dari anggota tubuh. Sehingga jika seorang left-handed "dipaksa" untuk mengalihkan fungsi tangan kirinya ke tangan kanan, ada kemungkinan kinerja otak si orang tersebut kurang optimal. Tentunya dampak terhadap perkembangan otak tersebut nggak vital banget, seperti jadi bodoh atau gangguan otak, hanya kinerjanya tidak sebaik kalau orang tersebut dibiarkan menggunakan tangan kirinya. Fyi, nyokap gw juga left-handed, dan semasa kecil guru-gurunya juga menyuruh beliau nulis pakai tangan kanan, sampai saat ini nggak ada indikasi yang aneh-aneh kok.

Dengan postingan ini, mudah2an teman-teman yang suka bertanya-tanya sama lefties (istilah ini gw dapat dari google, sebutan untuk orang-orang yang left-handed) , mendapat jawaban dari postingan ini. And you, parents, starting from now, stop pushing your children writing with their right hand if they are left-handed. Bukan sesuatu hal yang salah kok. Walaupun sebagai orang timur, tentunya anak-anak left-handed harus diajarkan juga untuk tetap menerima pemberian dari orang, menyalam orang, ataupun menunjuk tanggan saat ingin bertanya, tetap dengan tangan kanan.

Oh ya, selama mencari artikel tentang left-handed di google, I found this cutie pic...tentunya tanpa bermaksud menjadi narciss terhadap ke-left-handed-an gw. *LOL*.




Sumber gambar: getty images , left-hand education

posted by ketket | 11:00 AM
20 Comments:
9:42 PM Blogger Ronsen said...

Banyak yg pikir gua "ngiri" padahal gua "nganan", karna kadang gua nulis pake tangan kiri juga. Banyak tuh teman-teman gw yg bingung pake notebook gua karena mousenya letaknya di kiri. Hehehe...

  1:54 AM Anonymous Anonymous said...

di keluargaku jg banyak yang kidal dan mostly mereka tuh pinter2 dan berbakat ;)

jadi.. i think ur special being a left-handed ket ;)

  3:22 AM Anonymous Anonymous said...

Iya kasihan banget tuh bagi yang kidal tapi dipaksa ubah orientasi, sama seperti kita yang gak kidal disuruh jadi kidal.. Yak saya dukung!

Nah lohh kalimat gua berantakan amat ya hehehe..

  4:36 AM Blogger yaya said...

Being kidal...itu gue dr kecil. Sekarang kl nulispun msh tangan kiri, tp kl yg berhubungan dgn tatakrama kyk makan,gue kanan...

Bener Ket...dulupun dosen2 gw yg amazed aja gitu ngeliat gw kidal..

  9:37 AM Blogger nl said...

oh..jadi kidal ya ? (keukeuh nanya..!)
tapi asyik koq ngeliatnya.. bahkan berasa keren karena saya gak bisa begitu.. he..he..

  5:27 PM Anonymous Anonymous said...

Oooh, kamu tuh kidal ya? hehehe... *plak*. Eh tapi kereen loh kalo kidal, gw seneng kalo ngeliatin orang kidal lagi nulis.... sayang gue nggak kidal.... :)

  6:53 PM Blogger ime' said...

gileee, ternyata banyak juga sih yang kidal. kalo' gue sih kadal, eh maksud gue, gue right-handed.

tapi gini, menurut gue kenapa orang2 yang kidal itu dibilang pintar, karena *mengacu pada fungsi otak juga*, orang kidal itu cenderung lebih kreatif. karena, orang kidal itu kan porsi pemakaian bagian tubuh mereka yang sebelah kiri itu lebih banyak. jadinya, otak kanannya lebih terlatih untuk mendapatkan reflek dengan cepat. jadi, orientasinya orang kidal itu, adalah lebih kreatif (cepet tanggep deh buat kekreatifannya).

biasanya, orang itu nggak bisa melihat aspek eksak dari seseorang. misalnya, dalam ngitung. orang jarang bisa liat *kecuali kalo' lo kerja jadi klerek, engineer, ato akuntan*. orang itu cenderung ngeliat tendensi attitude manusia, dan kekreatifan orang itu yang paling gampang kelihatan.

makanya, orang awam cenderung menilai bahwa orang kidal itu pinter, ya karena itu. mereka cepet banget keluar ide2 kreatifnya dibanding dengan orang yang right handed.

tapi itu sih analisa gue sendiri :D.

gue sebagai right handed, emang suka banget ngitung (gue mendingan ngitung dibanding gue buat tulisan. lama gue kalo' nulis :D *tapi produktif kalo nulis :P*) tapi ... kok gue lebih banyak ngerjain kerjaan yang bersifat 'art' yah ? ;)) *kerjaan engineer juga ada yang sifatnya art looohhhh :D*

aiihhhh puanzaaaanggggg deh komen gue :D as usual ;)

  9:01 PM Blogger tantri said...

iyah ket, gua setuju sama pendapat temen elu yang ngasssiih compliment klo orang kidal biasanya pinter. Contohnya mela tuh atau suaminya mas deddy. I think you one of them too yang pinter2..
cuman terus, gua penasaran, kasih tahu gua dong klo cebok, orang kidal biasanya pake tangan apa?
:)

  9:01 PM Blogger tantri said...

This comment has been removed by a blog administrator.

  1:49 AM Anonymous Anonymous said...

Enaknya sih kalo bisa nulis pake tangan kanan dan kiri, hehehe.. jadinya kalo pegel tinggal gantian aja dhe :D

  6:11 AM Anonymous Anonymous said...

pardon me, ket .. tapi bukannya kamu dulu bisa nulis bagus juga dengan tangan kanan ?

  11:45 AM Blogger Badrul. R said...

menurutku justru kidal ini memiliki kelebihan. Tp mungkin alasan orang2 mengungkapkan seperti yang ditulis kamu itu krn takutnya apa2, tangan kiri yang cepat. dan menurut budaya indonesia apabila ngasih sesuatu dengan tangan kiri dianggap tidak sopan. itu saja menurutku.. tp kalo di prancis sih gak masalah :)

  9:45 PM Anonymous Anonymous said...

ga tau kenapa tapi gw selalu kagum dengan orang yg nulis pake tangan kiri aka kidal :)

jadi gw kagum juga sama lo,kat! ;)

  12:07 AM Anonymous Anonymous said...

kidal? so what gitu lho? *kabur*

he he he

  6:22 AM Blogger Murni Rosa said...

Kidal? Sama dong kita.. :-) cuma mungkin sayangnya, kalo gw makan pake tangan kiri koq masih ada aja yang komen, ya? Padahal kan kalo buat ngasih sesuatu ke orang, misalnya, gw tetep pake kanan, loh.

Ya, udah jadi peraturan tak tertulis, kali, ya.. Sampe pernah gara2 malas ('n lagi bosen) dengar komen soal kekidalan, waktu diajak makan sama rekan boss (baru sekalinya ketemu, tuh) gw maksain pake tangan kanan sampe selesai. Ampyun, deh.. kakuu sekali... hihihi..

  6:48 PM Blogger uta said...

u know what ket? i used to be a left handed person also..tapi ya standard...dipaksa harus pake kanan..hehehe..pantesan gue ngerasa kerja otak gue gak optimal ajah :))
tapi sampe sekarang gue ngerasa tangan kiri gue lebih kuat daripada tangan kanan kalo buat ngangkat2 sesuatu...
baidewei, gue punya tante yang bisa nulis pake 2 tangan, kanan dan kiri...terjadi gara2 dulu tangan kanannya pernah patah & recovery-nya lama..jadi terpaksa beliaunya belajar nulis pake tangan kiri..dan hebadnya..sampe sekarang bertahan lho...

  6:50 PM Blogger uta said...

eh btw, buat tantri....
Mela & Mas Dedy tuh setahu gue dua2nya right handed deh...gak ada yg kidal..emang kidal ya?

  9:42 PM Anonymous Anonymous said...

beruntunglah orang-orang kidal... sebab nulis pakai tangan kiri aja udah hebat... apalagi tangan kanan... :D

  9:24 AM Anonymous Anonymous said...

Kadang suka nyakitin sewaktu orang ada yang bilang bahwa kidal itu penyakit. Tapi biarin aja lah, mreka ga tau bahwa kidal jg punya faedahnya sendiri...

  9:06 PM Blogger Unknown said...

Aku aslinya left handed tp dipaksa jd 'normal'. Alhamdulillah sih gapapa. Tp jadi susah tidur gt. Tiap tdr pasti gampang kebangun.

 

Post a Comment

<< Home

Who am I?
Katrin's Profile
Female, 26 yr, Jakarta

Archives
November 2004
December 2004
January 2005
February 2005
March 2005
April 2005
May 2005
June 2005
July 2005
August 2005
September 2005
October 2005
November 2005
December 2005
January 2006
February 2006
March 2006
April 2006
May 2006
June 2006
July 2006
August 2006
September 2006
October 2006
November 2006
January 2007
March 2007
July 2007
April 2008
May 2008
June 2008
July 2008
August 2008
September 2008
February 2009
December 2009
February 2011
April 2011
May 2011
August 2011
Photos
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from Ketket. Make your own badge here.

Other Stuffs
Who Links Here
JANGAN ASAL COPY PASTE..
Follow me on...
  • Facebook
  • Twitter
  • Side Blog


    Talk to Me!



    <1--end here -->