Sunday, July 09, 2006

Tarif Lama

Sebagai warga Jakarta yang baik dan benar, pastinya gue akrab banget sama kendaraan yang namanya ojek atau taksi. Yang pertama, tentunya karena mencari solusi cepat untuk mencapai tempat tujuan tanpa banyak terhambat kemacetan yang sangat mewabah di Jakarta, yah tentunya dengan (sedikit) pengorbanan seperti bau knalpot dan perasaan deg-degan tak menentu. Sedang yang kedua, adalah solusi lebih aman dan nyaman dalam bertransportasi dan yah tak lepas dari pengorbanan seperti macet dan..mahal tentunya.

Bertolak dari berbagai pengalaman buruk dengan ojek atau juga dengan motor, akhirnya gue memutuskan untuk mengakhiri petualangan gue dengan si tukang ojek. Cukup sudah. Untuk berbagai even dan tempat, kala tiada mobil yang bersedia mengantar gue, taksi jadi pilihan utama gue. Dulu di masa belum adanya tekanan harga BBM, sebuah taksi biru BB menjadi teman setia gue kemana-mana. Sayangnya seiring berjalannya waktu, harga BBM yang semakin mencekik serta kecenderungan inflasi yang tinggi membuat gue semakin sering mengalami financial distress. Yang pada akhirnya membuat gue melirik alternatif lain, yang lebih murah dan tetap nyaman. Mulai lah pindah kelain hati dari taksi BB menjadi taksi-taksi dengan label tarif lama.

Untungnya cukup banyak juga taksi-taksi tarif lama berkeliaran di penjuru Jakarta. Selamatlah kantong gue dari kekeringan yang cukup signifikan. Tapi..tapi..selain perbedaan harga yang lumayan, sempat ketar-ketir juga sih.Gimana nggak? Wong belakangan ini banyak banget berita-berita, email-email yang menceritakan kriminalitas taksi-taksi bertarif lama. Mau nggak mau, musti waspada tingkat tinggi (kalau nggak mau mengeluarkan uang lebih untuk naik taksi BB).

Pernah satu waktu, karena terlalu tinggi tingkat waspadanya, gue masuk ke sebuah taksi tarif lama, dan baru nyadar ternyata nggak ada tanda pengenal si supir. Udah itu agak sangar pula wajah si sopirnya. Nah lo... mulai cemas. Apalagi pas dia bilang," pintunya dikunci aja mbak." Hah? Jangan-jangan nih supir mau aneh-aneh. Sambil berlagak mengunci pintu (padahal nggak, karena siapa tau aja gue kudu loncat dari tuh taksi begitu si supir menunjukkan ketidakwajaran lebih jauh), gue mulai mengutak-atik hp. Sebuah pesan singkat gue kirim k sohib dekat gue, isinya setelah gue pikir-pikir cukup mencekam: Sar, gue ada di taksi tapi nggak ada pengenal supirnya..feeling gue nggak enak. Gue nggak tau nomor polisinya tapi di dashboard taksi ada sebuah nomor, siapa tau berguna. Tentunya langsunglah si sohib gue itu menelpon, dilandasi kecemasan yang tinggi, menanyakan gue udah sampai mana. Barulah gue sadar, ternyata sat itu udah deket banget jaraknya dari rumah gue. Hehehe ...

Akhirnya gue sampai pada satu pilihan taksi tarif lama, yang memiliki pelayanan yang cukup bersahabat, sebut saja ET. Kabarnya juga, banyak supir BB yang pindah ke ET, jadi memang cukup satisfied pelayanannya. Lebih surprise lagi waktu gue naik ET dari sebuah mall di Jakarta, persis sebelum masuk taksi si sopir memberi gue sebuah kertas bertuliskan nama supir dan nomor polisi taksi yang gue naikin. Waktu gue tanya apa maksudnya kertas itu, si supir menjawab ," Itu untuk jaga-jaga kalau-kalau barang ibu ketinggalan di taksi ini."

Weh..udah murah, supirnya (mostly) nggak sangar, eh..concern juga lagi sama property milik pelanggan. Jeleknya..yah nomor telp hunting-nya bener-bener susah dihubungin untuk pesen taksi. Mungkin karena banyak juga orang-orang yang berpikiran sama kaya gue ya?

posted by ketket | 11:01 PM
9 Comments:
5:15 AM Blogger Ronsen said...

wah, pertamax nih... gara-gara pengen naik ET mo ke bandara buat ngejemput sodara, telat sejaman lebih gara-gara unitnya sedikit...

*sigh*

  11:29 PM Anonymous yosaut said...

" Itu untuk jaga-jaga kalau-kalau barang ibu ketinggalan di taksi ini." .. hmm apa jangan2 dia dah tau reputasimu sbg Miss Forgetful ya ? ;) Btw, pernah naik ET ini dari bandara Soekarno Hatta ke rumah, supirnya ga enak banget. Gak lagi2 deh naik taksi resmi kalo dari bandara SH. Mending naik Damri dulu sampe ke pangkalan-(gak resmi)-nya BB di deket jalan masuk tol.

  3:10 AM Blogger -edi- said...

emang sudah semestinya kedekatanmu sama tukang ojek diakhiri.mengingat kejadian2 yg cukup tragis (dan memalukan tentunya :) )taksi ET itu apa ya?

  3:59 AM Anonymous Indah said...

ET = Express Taxi? Atau makhluk luar angkasa? Hehehe..

  11:31 PM Anonymous Dwi Cheung said...

hi katrin...
kata temen kantor gue, kadang antar taksi tarif lama itu kadang ga bener2 tarifnya konsisten, maksudnya gini: karena teman kantor ini sering naik taksi dalam jarak yang sama (dari rumah ke kantor) kadang koq bisa antara satu taksi dan yang lainnya relatif beda jauh bayarnya padahal jarak dan tingkat kemacetan relatif sama. jadi mungkin tarif mulainya (flag fall) sama, tapi pertambahan per kilometernya yang diakalin bisa beda2. semoga jelas :)
thanks.

  3:47 AM Blogger Ronsen said...

@dwi cheung: masak sih? gua sering naek TL (ET, dll) tapi tarifnya tetap konsisten. FYI, gua naek taksinya antara jam 12 dan 2 malem jadi parameternya bisa dipercaya. no macet, no mobil, no motor, hanya gua dan supir taksi. *halah*

  9:32 PM Blogger ime' said...

ket, gue kalo jadi elo yah, itu duit taksinya, gue buat untuk kredit mobil. lebih murah sih menurut gue ;)

gue jarang sih naik taksi. seringnya kopaja :P. sayang duitnya :D

hehehehe... selamet yaaa buat silver babe-nya. *awas lo jarang posting lagi :D*

  2:13 AM Anonymous sLesTa said...

hey, gue baru baca postingan lo yang di bawah, yang judulnya kafein.. kantor lo di midplaza yah? dulu gue ngantor disitu... tapi udah pindah sejak jan kemaren.

  6:17 PM Anonymous mita said...

salam kenal :)

hihihi, gw pernah salah naek taksi, kirain BB. begitu masuk gak ada tanda pengenal, wah seremm. untung ber2 ma temen, tapi dia bakal turun duluan. langsung deh gw sms dia (geuleuh pisan, sms orang di sebelah gw :p) buat bilang - tar kalo kamu turun aku ikutan yaa, syerem :D

 

Post a Comment

<< Home

Who am I?
Katrin's Profile
Female, 26 yr, Jakarta

Archives
November 2004
December 2004
January 2005
February 2005
March 2005
April 2005
May 2005
June 2005
July 2005
August 2005
September 2005
October 2005
November 2005
December 2005
January 2006
February 2006
March 2006
April 2006
May 2006
June 2006
July 2006
August 2006
September 2006
October 2006
November 2006
January 2007
March 2007
July 2007
April 2008
May 2008
June 2008
July 2008
August 2008
September 2008
February 2009
December 2009
February 2011
April 2011
May 2011
August 2011
Photos
www.flickr.com
This is a Flickr badge showing public photos from Ketket. Make your own badge here.

Other Stuffs
Who Links Here
JANGAN ASAL COPY PASTE..
Follow me on...
  • Facebook
  • Twitter
  • Side Blog


    Talk to Me!



    <1--end here -->